Membekukan makanan adalah fungsi dapur yang penting dan mudah — tetapi tidak sepenuhnya mudah. Lain kali Anda berpikir, "Oh, saya akan memasukkan ini ke dalam freezer," ingat salah langkah ini.

1. Mengatur suhu terlalu tinggi

Nol derajat (atau bahkan lebih rendah) adalah suhu terbaik untuk penyimpanan makanan beku jangka panjang, jadi atur freezer Anda serendah mungkin. Dan jika Anda merasa es krim Anda terlalu sulit untuk diambil, simpanlah di pintu yang suhunya paling tinggi.

2. Menjaga freezer hampir kosong

Freezer yang penuh menahan dingin lebih baik daripada yang kosong. Saat Anda membuka pintu, massa makanan beku akan membantu menahan dingin, dan unit tidak perlu bekerja keras untuk mendinginkan ruang kosong. Tapi jangan macet mengemas freezer juga; Anda membutuhkan udara untuk bersirkulasi.

3. Tidak membungkus makanan dengan rapat

Baik Anda menggunakan tas freezer dengan ritsleting, aluminium foil, atau bungkus plastik tugas berat, pastikan untuk menghilangkan udara dengan menghaluskan bungkus di sekitar makanan. Jika Anda membeku dalam wadah penyimpanan, isi wadah hingga hampir penuh untuk melindungi sisa makanan dari luka bakar di freezer (tetapi beri ruang yang cukup untuk mengembang saat makanan membeku). Dan jika Anda tidak memasak semua item dalam paket (seperti wafel beku, hot dog, atau nugget ayam), masukkan sisanya ke dalam kantong atau wadah yang tertutup rapat.

4. Membekukan makanan terlalu lama

Bahkan makanan yang dibekukan pada akhirnya akan memburuk rasa dan teksturnya, jadi tulislah tanggal pada tas dan wadah (periksa foodsafety.gov untuk berapa lama barang-barang tertentu akan bertahan di dalam freezer). Pertimbangkan untuk memutar item sehingga item yang paling tua selalu berada di depan, dan item tersebut akan menjadi yang pertama Anda ambil.

5. "Kehilangan" makanan di dalam freezer

Tempat sampah yang dibeli di toko adalah cara yang bagus untuk menyimpan barang-barang kecil atau berbentuk aneh, seperti kantong buah, bagel, dan kulit Parmesan.

6. Membekukan makanan dalam gumpalan besar

Tempatkan barang-barang kecil seperti stroberi, hamburger, dan kue kering di atas loyang dan biarkan mengeras sebelum memasukkannya ke dalam tas atau wadah. Kemudian, mereka tidak akan membeku bersama, dan akan lebih mudah untuk mengambil satu per satu.

7. Menunggu terlalu lama untuk membeku

Sementara pembekuan akan mengawetkan makanan, itu tidak akan mengembalikan kesegarannya. Daging cincang yang digiling pada hari Anda membekukannya akan terasa lebih segar daripada daging yang dibekukan saat berumur beberapa hari. Demikian juga, muffin yang dibekukan segera setelah dipanggang akan terasa lebih enak daripada yang lebih tua.

8. Pencairan pada suhu kamar

Jika Anda mencairkan daging, unggas, dan makanan laut di atas meja, bakteri dapat tumbuh di permukaannya sebelum benar-benar dicairkan. Mencairkan di lemari es atau microwave sebagai gantinya.

9. Membuka freezer saat listrik padam

Saat listrik padam, tutup mesin pendingin agar makanan tetap beku selama mungkin. Apa pun yang masih beku saat listrik menyala dapat tetap berada di dalam freezer. Semua barang yang sudah dicairkan (tetapi masih sedingin es) harus disiapkan dan dimakan segera. Jika ragu, lempar!

Bila Anda membutuhkan bantuan profesional maka saya sarankan menggunakan jasa service kulkas terpercaya di Jakarta agar freezer Anda bisa bekerja kembali secara optimal.