Menjaga mobil tua itu susah-susah gampang. Enteng bila kamu memahami mesin dan sulit jika kamu sangat malas sekedar utk mencucinya. Walau sebenarnya, jika serius dirawat, nilai mobil tua dapat menjadi bertambah tinggi dari mobil anyar, lho!

 

Karena mobil tua itu sangat jarang. Terkecuali itu beberapa mobil tua pun miliki nilai bersejarah, suatu hal yang membuat mobil ini jarang-jarang sekali dipasarkan oleh pemiliknya. Nach supaya mobil tua di garasimu tahan lama dan masih tetap keran, ada banyak panduan buat menjaganya:

 

  1. Check mesin mobil dengan periodik

Pengujian mesin dengan periodik harus dikerjakan buat pastikan perform mesin tak turun dengan mencolok. Wajar, mobil tua rawan stop di tengah-tengah jalan atau mungkin tidak pengin menyalak saat mau digunakan.

 

Baca Juga : Bosan Dengan Permainan yang Itu-Itu Saja? Mainkan Permainan Berhadiah Dengan Jaminan Jackpot Hanya Di Okeplay777

 

Satu diantaranya perawatan mesin yang wajib dikerjakan yaitu tune up. Terkecuali itu pergantian elemen mesin yang udah hancur atau harus ditukar pun adalah sesuatu keharusan dalam menjaga mobil tua. Cepatlah mengubah atau merekondisi elemen mesin yang sudah tak patut gunakan.

 

  1. Lihat perihal-perihal Kecil

Lihat pun perihal-perihal kecil yang berada pada dalam mobil, seperti kabel, ring dan karet penyangga. Lekas tukar kabel yang sudah mengelupas atau getas supaya tak mengakibatkan konsleting atau recikan yang dapat mengakibatkan kebakaran. Tukar pun ring yang udah berkarat dan kurang kuat baiknya lekas ditukar supaya tak ada nada aneh keluar mobil.

 

Paling akhir buat karet penyangga yang berada pada pintu-pintu mobil lebih bagus ditukar bila sudah terlepas atau robek. Karet yang cacat akan mengakibatkan bunyi di luar dan air simpel masuk ke mobil.

 

  1. Lihat sisi luar mobil

Mobil tua akan kian dilihat tua bila sisi luarnya kotor atau buluk. Karenanya bersihkanlah mobilmu dengan teratur. Lihat pun langkah perawatan kaca pintu, kaca depan dan kaca belakang mobil supaya tak berjamur dan bernoda.

 

Bersihkanlah exterior mobil dengan sabun pribadi buat mobil lantaran bila gunakan asal-asalan sabun dapat menghancurkan cat. Bila mau terbebas dari debu atau terserang panas yang berlebihan, pakailah sarung mobil buat melindunginya.

 

Terkecuali itu lihat pun situasi velg dan ban. Velg harus lekas ditukar kalau sudah hancur dan berkarat. Janganlah lupa pun untuk terus check penekanan angin dan situasi ketebalan di ban supaya tak simpel hancur.

 

  1. Membersihkan interior mobil dengan teratur

Tidak sekedar sisi luar mobil yang harus dibuat bersih. Sisi dalam atau interior mobil harus jadi perhatian. Tidak sekedar hanya itu, jok mobil harus dibuat bersih dengan periodik supaya warna aslinya tak cepat redup dan berdebu. Bila mau membela warna asli jok dengan lama pakailah cover jok mobil. Pakai penghisap debu supaya debu simpel lenyap dari jok mobil.

 

Pembersihan kaca sisi dalam mobil pun tidak dapat dikerjakan asal-asalan. Pemakaian kaca film atau mungkin tidak, sisi dalam kaca mobil haruslah tetap dibuat bersih air saja dan dikeringkan kain microfiber supaya tak tinggalkan sisa.

 

  1. Polih oli yang pas

Perawatan mesin tua harus jadi perhatian waktu mengubah oli mesin atau isikan bahan bakas. Rubahlah oli dengan periodik tiap-tiap 2500km supaya tingkat emisi mesin bisa didesak dan membantu kerja mesin mobil. Buat bahan bakar sendiri pakailah yang bermutu (jika dapat pertamax) supaya performa mesin terbangun dan menghindari pelapukan di bak bahan bakar.