Masyarakat Indonesia mengenal istilah umroh sebagai haji kecil. Di mana umroh merupakan kegiatan ibadah umat Islam. Dalam umroh terdapat beberapa macam ritual yang akan dilaksanakan di kota suci Mekkah. Lebih tepatnya di Masjidil Haram. Lantas, apakah har yang perlu Anda siapkan sebelum umroh?

Mencari Tahu Tentang Musim di Arab Saudi

Pada dasarnya, hanya ada 2 musim saja di Arab Saudi, yakni musim dingin dan panas. Walaupun mirip dengan Indonesia, ada perbedaan kelembapan yang berarti jarang hujan di Arab. Sehingga penting mengetahui musim disana agar bisa melakukan antisipasi.

Terus Jaga Kesehatan

Tahukah Anda kalau Tawaf yang biasa dilakukan saat umroh membutuhkan banyak kekuatan fisik? Terlebih lagi jarak Tawaf ini tergantung pada kedekatan majelis ke Ka"bah. Oleh karena itu sangatlah penting untuk menjaga kesehatan jasmani.

Memahami Aturan yang Berlaku

Pada dasarnya, semua orang mesti memakai pakaian sopan di depan umum. Terlebih lagi, jika berada di tempat umum, tak diperbolehkan bermesraan apalagi melontarkan kata kasar atau kotor. Apabila ada yang melanggar peraturan kesopanan ini maka dia akan mendapat denda. Nilainya mulai dari 180.000 ribu sampai 2,25 juta.

Ketahui Beberapa Kebiasaan Masyarakatnya

Saat pergi ke sana, maka Anda akan menemukan beberapa kebiasaan baik warga setempat. Di mana saat adzan sudah berkumandang, maka tiap orang langsung menghentikan aktivitas untuk segera sholat berjamaah. Maka jangan heran jika para pedagang meninggalkan barang begitu mendengar adzan.

Manasik

Sangat dianjurkan bagi calon jamaah untuk menghadiri manasik yang diselenggarakan biro perjalanan sebelum berangkat. Sebab, di sana kita akan belajar melakukan ritual-ritual yang mirip seperti di Tanah Suci. Bagusnya lagi, kita pun bisa konsultasi tentang hal-hal yang tak kita mengerti.

Usai mengetahui hal yang perlu disiapkan sebelum memulai perjalanan umroh. Anda mesti tahu pula terkait umroh sunnah lainnya.

Untuk itu, agar anda bisa umroh sesuai sunnah anda  dapat menggunakan layanan travel umroh sunnah seperti yang disediakan oleh Mutiara Sunnah yang sudah berpengalaman dalam mengelola Travel Haji dan Umroh sesuai sunnah.

Nah, itulah tadi pembahasan singkat mengenai keenam hal yang mesti Anda siapkan saat akan umroh. Semoga saja informasi ini dapat berguna ya!