Animasi merupakan karya seni digital yang memiliki nilai estetika tersendiri. Melalui ketangkasan tangan seorang animator di atas kanvas digital, sebuah gambar mati dapat bergerak dan menciptakan sebuah karya yang indah.

Berdasarkan ilustrasi, animasi kini menjadi pilihan yang menguntungkan. Salah satunya memungkinkan Anda membuat iklan yang menarik dengan animasi. Oleh karena itu, Anda perlu memahami jenis-jenis animasi yang kami bahas dalam artikel ini.

Animasi 2D

Animasi 2D digerakkan oleh vektor. Keuntungan dari grafik vektor adalah dapat diperbesar atau diperkecil tanpa mengkhawatirkan resolusi. Menampilkan vektor seperti jalur dengan titik awal dan akhir yang berbeda. Garis yang menghubungkan titik-titik ini digunakan untuk membuat grafik. Bentuk garis atau kurva dalam vektor dapat dirancang untuk membentuk karakter atau gambar lainnya. Animasi vektor menggunakan nilai matematika untuk menskalakan gambar. Sehingga gerakan dapat bergerak dengan halus dan lancar.

Animasi 3D

Animasi 3D adalah salah satu jenis modern. Seorang animator 3D menggunakan program atau perangkat lunak untuk memindahkan bagian tubuh dari karakter yang dibuat. Biasanya, seorang animator membuat penyesuaian bingkai digital untuk setiap bingkai. Kemudian komputer menghitung gerakan yang dibuat oleh setiap frame. Anda hanya perlu mengubah busur dan gerakan karakter, animator selesai dengan animasi. keren kan??

Motion Graphic

Motion graphic adalah jenis animasi yang populer di era digital saat ini. Animasi ini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis untuk mempresentasikan produk atau perusahaannya dalam bentuk animasi karena tujuannya adalah untuk mengkomunikasikan suatu pesan.

Apakah Anda ingin menggunakan motion graphic untuk bisnis Anda? Maka Anda bisa menggunakan jasa video animasi promosi dari Buatin Video untuk mendapatkan video promosi perusahaan terbaik. Karena Buatin Video adalah jasa video explainer terpercaya yang banyak digunakan oleh institusi dan perusahaan di seluruh Indonesia.

Animasi Tradisional

Animasi tradisional adalah salah satu jenis animasi tertua di dunia perfilman. Pada tipe ini, sebuah objek digambar di atas kertas seluloid transparan. Berdasarkan hal tersebut, animasi tradisional biasa disebut dengan animasi seluler. Jangan salah paham, meskipun tradisional bukan berarti produksinya tidak laku di pasaran.

Animasi Stop Motion

Animasi ini lebih tua dari animasi 3D dan terdiri dari sound, grid, object movement, clipping animation dan lain-lain. Selain itu animasi ini hampir mirip dengan animasi tradisional atau flip book. Jika Anda bertanya animasi seperti apa yang sulit dilakukan? Jawabannya tentu saja adalah animasi stop motion. Karena pemberhentian gerakan gambar dan relevansi objek fisik di setiap bingkai.

Itulah jenis animasi yang perlu Anda ketahui. Manakah dari kelima jenis animasi di atas yang paling menarik?