Waterproofing adalah proses yang digunakan untuk mencegah air merembes masuk ke dalam suatu bangunan atau struktur. Waterproofing dapat dilakukan pada berbagai jenis bangunan dan struktur, seperti gedung, jembatan, terowongan, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis waterproofing dapat dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan bahan dan metode yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis waterproofing yang umum digunakan:

✔ Waterproofing berdasarkan bahan

a. Bitumen Waterproofing

Bitumen adalah bahan aspal yang digunakan sebagai lapisan kedap air pada konstruksi bangunan dan struktur. Bitumen waterproofing memiliki kemampuan tahan lama terhadap kondisi cuaca ekstrem, sinar UV, dan efek ozon.

b. Acrylic Waterproofing

Acrylic waterproofing adalah bahan berbasis air yang umum digunakan untuk atap beton dan bangunan lainnya. Bahan ini memiliki keunggulan mudah diaplikasikan, cepat kering, dan tahan lama.

c. Membran Waterproofing

Membran waterproofing terbuat dari bahan seperti PVC, TPO, EPDM, dan lain-lain. Membran ini ditempatkan di atas permukaan bangunan dan struktur, dan dirancang untuk memberikan ketahanan terhadap penetrasi air.

Jenis membran waterproofing ini sangat populer dan sering dipakai di luar negri. Dan saat ini di Indonesia juga sudah mulai banyak yang menggunakannya.

Namun tidak semua orang bisa memasang jenis waterproof ini. Sebaiknya gunakan jasa waterproofing membrane bakar yang terbaik dan terpercaya seperti dari bebasbocor.com.

✔ Waterproofing berdasarkan metode aplikasi

a. Liquid Waterproofing

Liquid waterproofing adalah metode aplikasi bahan waterproofing dengan menggunakan cairan yang diaplikasikan dengan sikat atau semprotan. Metode ini cocok untuk berbagai jenis bangunan dan struktur.

b. Sheet Waterproofing

Sheet waterproofing adalah metode aplikasi bahan waterproofing yang menggunakan lembaran atau membran yang ditempatkan di atas permukaan bangunan dan struktur. Metode ini cocok untuk bangunan dan struktur yang membutuhkan perlindungan lebih.

c. Injection Waterproofing

Injection waterproofing adalah metode aplikasi bahan waterproofing dengan menginjeksi bahan kedap air ke dalam celah atau retakan di bangunan atau struktur. Metode ini cocok untuk struktur beton dan mampu menangani masalah kebocoran pada retakan dan celah.

Demikianlah beberapa jenis waterproofing yang umum digunakan. Pemilihan jenis waterproofing yang tepat akan bergantung pada jenis bangunan atau struktur yang akan dilindungi serta kondisi lingkungan dan kebutuhan spesifik dari bangunan atau struktur tersebut.

Penting untuk selalu memilih jenis waterproofing yang tepat dan dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman dalam bidang waterproofing.