Mendapat pendidikan dari universitas pilihan di Indonesia adalah impian setiap calon mahasiswa. Seringkali, memikirkan ke mana harus kuliah di masa depan dimulai sebagai siswa baru di sekolah menengah.

Mencari universitas bukanlah hal yang mudah, dan semakin baik kualitas universitas tersebut, semakin ketat persaingannya. Berikut adalah 10 universitas terbaik versi Kemendikbud.

1. Institut Pertanian Bogor

Perguruan tinggi yang terkenal karena mempelajari pertanian menempati peringkat pertama. Selain mata kuliah pertanian, banyak juga jurusan non pertanian di IPB.

2. Universitas Indonesia

Dikenal sebagai kampus kuning, universitas ini memegang universitas terbaik nomor dua. Meski menempati posisi kedua, peminatnya tetap banyak.

3. Universitas Gadjah Mada

Universitas yang berlokasi di kota pelajar ini secara rutin menempati posisi pertama. UGM berada di urutan ketiga kali ini.

4. Universitas Airlangga

Sebagai salah satu kampus terbaik di Jawa Timur bahkan Indonesia, Unair terus menduduki posisi teratas dalam pemeringkatan kampus teratas.

5. Institut Teknologi Bandung

Kampus Bandung selalu menjadi yang teratas. ITB selalu menjadi kampus impian untuk program studi sains.

6. Perguruan Tinggi Teknik 10 November

Selain UNAIR, Jawa Timur memiliki perwakilan lain sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik. ITS merupakan salah satu kampus impian bagi mereka yang belajar sains dan teknik.

7. Universitas Hasanuddin

Perguruan tinggi terbaik tidak selalu berada di Pulau Jawa. Salah satunya adalah Universitas Hasanuddin di Sulawesi Selatan dan salah satu kampus universitas terbaik di Indonesia.

8. Universitas Brawijaya

Jawa Timur memiliki reputasi lain sebagai universitas terbaik di Indonesia. Universitas Malang merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia.

9. Universitas Diponegoro

Kini giliran Jawa Tengah yang memiliki perwakilan di perguruan tinggi ternama di Indonesia. Minat untuk kuliah di Semarang selalu besar.

10. Universitas Padjajaran

Selain itu, Jabar juga memiliki perwakilan dari Unpad sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Memilih universitas juga harus dipertimbangkan matang matang dan sesuaikan dengan minat pekerjaan Anda dimasa depan. Dengan pemilihan universitas yang tepat tentu tidak akan terjadi hal hal seperti salah jurusan.

Jika Anda sudah menentukan akan memilih kuliah dimana nanti setelah lulus SMA, Anda bisa mencoba beberapa trik jitu masuk universitas impian yang telah dibahas oleh Zeoiz.

Itulah urutan 10 universitas terbaik di Indonesia. Apakah universitas impian Anda masuk didalamnya? Jangan hanya memilih universitas karena terkenal, Anda juga harus menyesuaikan dengan minat dan bakat Anda. Semoga tercapai impian Anda.