Berada di ujung selatan Provinsi Lampung, Pulau Pahawang bukan sekadar primadona bagi masyarakat Lampung. Karena aksesibilitas yang baik dari Jakarta, magnet Pulau Pahawang juga menarik wisatawan dari Jakarta dan sekitarnya.

Selain pantai yang bersih dan pemandangan laut yang jernih, Pulau Pahawang juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang berwarna-warni. Bagi pecinta diving atau snorkeling, Pulau Pahawang wajib dikunjungi.

Gugusan karang yang indah menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan hias yang hidup di sana. Salah satu penghuni alam bawah laut Pulau Pahawang adalah Ikan Badut atau biasa disebut Ikan Nemo oleh masyarakat setempat.

Informasi umum tentang pulau Pahawang

Pulau Pahawang merupakan pulau terbesar yang berada di sekitar Teluk Ratai. Ini telah menjadi tujuan wisata populer bagi wisatawan dari berbagai penjuru Indonesia. Secara administratif termasuk dalam wilayah Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pasawaran, Provinsi Lampung.

Lokasi

Pulau Pahawang dekat dengan Pulau Kelagian. Letaknya di muara Teluk Ratai, yang juga merupakan bagian dari Teluk Lampung yang lebih besar, dan menarik garis lurus dari pusat kota Bandar Lampung yang berjarak sekitar 30 kilometer.

Dengan mobil, pertama menempuh perjalanan darat sejauh 25 kilometer menuju Dermaga Ketapang, kemudian dilanjutkan dengan perahu sejauh kurang lebih 10 hingga 17 kilometer. Total jarak yang Anda tempuh antara 35 hingga 42 kilometer sedangkan jarak dari Pelabuhan Bakauheni ke Dermaga Ketapang sekitar 113 kilometer melalui jalan tol. Dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam.

Bagaimana cara menuju ke Pulau Pahawang?

Belum ada angkutan umum khusus untuk mengangkut wisatawan dari Bandar Lampung menuju Dermaga Ketapang. Selama ini wisatawan kebanyakan datang dalam rombongan wisata, dan sebagian besar menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan sewaan.

Untuk menuju ke sana tanpa mengeluarkan banyak biaya, Anda bisa menggunakan jasa travel Jakarta murah yaitu Cumatraveljakarta.com yang menawarkan paket wisata murah Pahawang. Selain paket wisata, Anda juga bisa sewa mobil Avanza harian yang tentunya juga bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Pesona Pulau Pahawang

Yang ditawarkan Pulau Pahawang adalah keindahan pantai dan biota lautnya. Pulau ini memiliki banyak pantai pasir putih di utara, timur dan selatan. Sebagiannya adalah pantai dengan hutan bakau lebat yang luas.

Dengan keliling lebih dari 12 kilometer, pulau ini memiliki luas lebih dari 700 hektar dan dihuni oleh lebih dari 300 kepala keluarga yang sebagian besar tinggal di dusun-dusun dekat pantai, termasuk Pulau Pahawang Kecil di Pulau Pahawang Kecil bagian barat. Pahawang Besar. Pulau kecil ini memiliki luas sekitar 13 hektar dan tidak ada penduduknya.