Dapur merupakan salah satu ruangan yang harus ada dalam sebuah rumah. Dahulu, dapur memiliki fungsi hanya sebagai tempat guna memasak atau menyantap hidangan. Akan tetapi saat ini, Desain dapur dan ruang makan jadi satu sederhana fungsi itu pun semakin bergeser sampai saat ini dapur dianggap sebagai jantung rumah dengan desain yang mengikuti tren dan gaya hidup.

Terlepas hobi masak atau tidak, mempunyai dapur cantik tentu idaman bagi semua orang. Sebab dapur pun sekarang sering kali dijadikan ruang tamu kedua untuk menjamu para kerabat ketika datang ke rumah. Selain desain dapur secara keseluruhan, pemilihan dekorasi dan storage di dapur juga mengambil andil yang besar untuk membuat dapur terlihat cantik dan menyenangkan. Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat dapur cantik yaitu kerapian, setelah itu dekorasi.

Berikut desain yang dapat kamu coba, meskipun sederhana namun tetap terkesan mewah.

1.) Dapur Minimalis Berkonsep Abu–Abu

Abu abu yaitu warna netral, sehingga menjadi pilihan yang sangat tepat untuk konsep desain rumah minimalis. Kamu pun tentu dapat menerapkan warna tersebut untuk dapur di rumah. Apalagi warna yang monoton seperti ini terlihat sangat serasi ketika dipadukan dengan perabotan yang terbuat dari stainless steel, misalnya seperti kompor.

Jadi penggunaannya pada area dapur memang menjadi inspirasi yang sangat bagus. Kamu bisa mengaplikasikan warna tersebut pada bagian kabinet atas dan bawah. Memberikannya kesan yang modern dan tidak mudah kotor pada ruangan. Desain dapur minimalis seperti ini bisa juga dikombinasikan dengan warna putih pada furniture lainnya supaya lebih menarik.

2.) Dapur Minimalis Bergaya Industrial

Dapur minimalis memiliki gaya industrial belakangan disukai oleh para pasangan muda yang baru menikah. Karena penerapan gaya desain tersebut sangatlah mudah, apalagi desain dapur minimalis ini tak membutuhkan banyak dekorasi di dalamnya. Sebagai bagian dari interior, kamu cukup memakai furniture berwarna hitam dengan dinding batu bata merah.

Kemudian untuk memberikan sentuhan mewah pada dapur, kamu bisa memakai perabot dengan elemen metal. Ditambah dengan marmer hitam sebagai material kitchen set agar kesannya semakin elegan. Karena marmer sendiri memang termasuk jenis batu alam yang menjadi simbol kemewahan, dengan sifat yang kuat dan kokoh.

3.) Dapur Minimalis Memiliki Bentuk U

Selain dapur minimalis bentuk L, terdapat pula bentuk menyerupai huruf U yang tidak kalah akan populer diterapkan oleh masyarakat sekarang ini. Model seperti ini dipilih lantaran mampu menawarkan sejumlah manfaat dan kelebihan untuk pemilik rumah. Salah satunya dapur bentuk U membuat kamu lebih mudah untuk bergerak.

Terutama jika kamu menerapkan sistem kitchen work triangle yang efisien yakni sistem dimana seseorang dapat dengan mudah dan cepat bergerak menuju kompor, wastafel, dan kulkas. Jadi ketiga elemen dapur tersebut diletakkan secara strategis agar perpindahan dari dan menuju ketiganya bisa dilakukan secara mudah serta cepat.

Dimana sistem kitchen work triangle yang efisien seperti itu bisa kamu terapkan dengan mudah pada dapur minimalis bentuk U. Misalnya kamu bisa meletakkan kulkas pada sisi kanan dapur, kemudian kompor di sisi kiri dapur, sementara wastafel ditempatkan pada bagian tengah dapur.

4.)  Dapur Minimalis Berbentuk L

Dapur minimalis bentuk L menjadi banyak dipilih oleh masyarakat modern. Alasannya desain ini bisa memaksimalkan ruang dan menawarkan area penyimpanan yang lebih banyak. Bahkan secara visual tampilannya terlihat elegan dan manis. Sehingga bisa dipastikan bahwa waktu memasak kamu akan terasa semakin menyenangkan.

Apalagi bentuknya yang menyerupai huruf L memungkinkan kamu untuk menambahkan kitchen island atau kabinet dan meja multifungsi, mengingat bahwa penempatannya tidak akan dibatasi oleh adanya lemari. Bahkan tidak ingin menggunakan kitchen island, kamu bisa menggantinya dengan meja atau area tempat duduk lainnya sebagai alternatif.

Selain menarik dan fungsional, desain dapur minimalis bentuk L membuat ruangan terlihat lebih luas. Sebab gaya ini hanya memanfaatkan dua sisi dinding yang bahkan tidak sepanjang dindingnya. Itulah kenapa kesannya dapur akan terasa lebih lebar dan luas serta tidak sumpek.

5.) Dapur Minimalis Bergaya Serba Kayu

Kamu dapat menghadirkan desain dapur minimalis dengan nuansa rustic memakai material kayu. Dominasi warna cokelat kayu pada desain dapur akan menampilkan kesan yang sangat hangat pada ruangan. Guna menghadirkan suasana seperti itu, kamu bisa menggunakan peralatan dapur berbahan kayu, meja kayu, sampai rak kayu.

Agar komposisi warnanya lebih ideal, warna cokelat kayu tersebut sebaiknya dikombinasikan dengan warna putih. Sebab warna putih bersifat netral maka tidak masalah. Justru keberadaannya membuat cokelat kayu tampil menonjol dengan baik. Dimana warna putih ini misalnya dapat diaplikasikan pada dinding dan lantai ruangan.

Lebih cantik lagi, kamu bisa menambahkan hiasan bunga kering guna memperkental gaya rustic yang diterapkan. Sebaiknya bunga kering yang dipilih punya warna earth tone sehingga nuansanya masih sama. Bunga kering tersebut bisa dimasukkan ke dalam vas kemudian diletakkan di atas meja atau digantung di dindingnya.

6.) Dapur Minimalis dengan Meja dan Kursi Bar

Untuk desain dapur minimalis yang digabung dengan area makan, tidak ada salahnya memakai meja dan kursi bar. Desain seperti ini bisa dibilang sebagai salah satu yang paling populer diterapkan di rumah minimalis. Karena penggunaan meja dan kursi bar tidak membutuhkan banyak ruang.

Maka dapur kamu pun akan terasa lebih luas dan lega meskipun ukuran sebenarnya cukup terbatas. Agar semakin hemat ruang, kamu dapat mencoba gaya mini bar elegan yang menyatu dengan model kitchen set minimalis mewah. Konsep ini sangat cocok untuk keluarga kecil atau bagi pasangan yang baru menikah.

Sebab kamu bisa duduk di kursi sambil memperhatikan pasangan sedang memasak, ala ala open kitchen di restoran restoran. Dan setelah makanan siap dihidangkan, kamu tak perlu repot membawa dan menatanya di meja makan. Mengingat bahwa mini bar telah dibuat menyatu dengan kitchen set. Namun pastikan pula material yang dipilih kuat dan kokoh untuk pembuatan mini bar. Sebab mini bar yang menyatu dengan kitchen set berarti mengharuskan kamu meletakkan banyak barang di sana, baik peralatan masak maupun peralatan makan. Secara umum, direkomendasikan menggunakan meja bar dengan marmer yang memiliki daya tahan tinggi sekaligus tampilannya elegan.

7.) Dapur Minimalis Berkonsep Monokrom

Monokrom berarti memakai warna tunggal atau satu warna. Gaya ini bisa kamu terapkan pada dapur minimalis, sebab penggunaan warna tunggal akan membuat ruangan menjadi lebih sederhana. Misalnya kamu bisa menggunakan warna putih untuk mendominasi ruangan.

Itu akan membuat ruangan terlihat sederhana akan tetapi tetap terkesan mewah, bersih, dan tentunya lega, menyiasati ukuran luas ruangan yang terbatas. Kamu dapat mengaplikasikan warna putih pada dinding, lantai, dan beberapa furniture seperti meja dan kursi makan. Jika khawatir penggunaan warna putih membuat dapur menjadi lebih gampang kotor, bisa juga mencoba menerapkan warna hitam.

Kamu bisa memadukan dua warna netral tersebut untuk menciptakan kesan yang ideal pada ruangan. Pada area yang sering dipakai guna memasak, kamu bisa gunakan warna hitam supaya membersihkannya lebih mudah. Sementara sisanya bisa mengaplikasikan warna putih. 

Supaya penggunaan ruangan lebih efisien, jangan lupa penataan furniture diperhatikan dengan teliti. Termasuk pula elemen lainnya seperti pencahayaan alami, seperti dengan membuat jendela cukup besar atau skylight yang menjadi jalur masuknya sinar matahari dari luar ruangan.

Sebab dapur merupakan area yang penting di dalam rumah, maka desainnya harus dipikirkan dengan matang. Kamu bisa mencoba salah satu di atas atau bahkan berkreasi sendiri sesuai selera dan kebutuhan masing masing. Dengan begitu, dapur akan menjadi ruangan yang nyaman untuk kegiatan memasak maupun menyantap hidangan bersama keluarga.