Aplikasi media sosial TikTok kini menawarkan layanan yang memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi jual beli. Layanan TikTok Shop yang disediakan oleh TikTok memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memilih barang yang mereka inginkan tanpa harus keluar dari aplikasi.

TikTok sendiri merupakan aplikasi media sosial yang sangat populer. Oleh karena itu, berjualan di TikTok Shop adalah ide yang bagus karena berpotensi menjangkau lebih banyak pelanggan.

Bagi Anda yang ingin sukses berjualan di TikTok shop, berikut beberapa tips cara berjualan di TikTok shop.

1. Optimalkan katalog produk

Jika Anda berjualan di TikTok Shop, Anda perlu mengoptimalkan produk yang ditampilkan sebagai katalog di etalase. Saat menambahkan gambar, fokuslah pada kualitas dan gaya gambar. Selanjutnya, pastikan foto produk mudah dikenali dengan mengunggah foto yang jelas dan berkualitas tinggi.

Pastikan juga penyajian setiap produk konsisten sehingga memiliki ciri khas tersendiri. Selain itu, pastikan judul produk tidak melebihi batas karakter (yaitu 34 karakter) dan menyertakan informasi produk.

2. Mengatur Promosi

Promosikan toko TikTok Anda dengan membagikan tautan produk TikTok kepada teman-teman Anda atau menyertakannya di akun media sosial lainnya. Anda juga dapat memanfaatkan promosi berbayar yang disediakan oleh TikTok. Saat Anda memajang produk Anda di iklan TikTok, pelanggan bisa langsung membeli produk Anda tanpa harus membuka profil bisnis.

Ini cara yang bagus untuk mempermudah mendapatkan pelanggan. Selain itu Anda juga harus bisa memanfaatkan fitur TikTok live agar bisa lebih dekat dengan calon konsumen dan untuk mencari follower baru.

Agar TikTok live Anda banyak penontonnya, Anda bisa lihat penjelasan dari Banyupos yang membahas tentang tips agar live TikTok tidak sepi penonton.

3. Bekerja dengan influencer

Salah satu tips lain untuk berjualan di TikTok adalah bekerja sama dengan influencer. Bermitra dengan influencer dapat menarik banyak pembeli karena influencer biasanya memiliki opsi untuk mengajak pengikutnya mengikuti langkah-langkah yang mereka rekomendasikan.

4. Buat konten yang menarik

Konten yang menarik lebih berpotensi untuk menarik pelanggan. Selain itu, Anda dapat melihat tren viral dan mencari kata kunci yang terkait dengan bisnis yang Anda jual. Anda dapat membuat tantangan untuk pengguna TikTok lainnya dengan tagar brand Anda sendiri, yang kemudian mendorong orang lain untuk berpartisipasi. Gunakan musik trendi untuk menonjolkan video produk.

5. Pelajari produk yang dijual di TikTok

TikTok memiliki daftar barang terlarang untuk dijual. Jadi, Anda tidak boleh menjual barang yang tidak sah karena akun Anda dapat diblokir. Selain itu, Anda bisa mencari referensi bagaimana toko lain menjual produk dan melihat produk apa saja yang dijual untuk mendapatkan gambaran bagaimana penjualan produk tersebut.