Dalam sebuah perusahaan, pengelolaan keuangan merupakan aspek yang sangat penting. Tanpa pengelolaan keuangan yang baik, operasional bisnis akan terganggu dan menemui kendala sedikit demi sedikit.

Oleh karena itu, sebenarnya tidak ada alasan bagi seorang pengusaha untuk tidak melakukan pencatatan keuangan hanya karena tidak memiliki kebutuhan keuangan yang cukup.

Padahal, ada banyak software manajemen keuangan yang bisa digunakan. Untuk menghemat ruang, berikut 5 aplikasi keuangan yang bisa digunakan untuk pengelolaan keuangan bisnis:

1. Acumatica Cloud ERP

Acumatica Cloud ERP adalah perangkat lunak akuntansi yang komprehensif untuk bisnis. Software Acumatica Cloud ERP sarat dengan berbagai fitur manajemen keuangan dan akuntansi bisnis, sehingga sangat cocok sebagai aplikasi pencatatan keuangan untuk sebuah perusahaan atau bisnis.

2. Zahir Accounting

Zahir Accounting juga merupakan salah satu software manajemen keuangan dan akuntansi bisnis. Layar yang fleksibel dan komprehensif memudahkan untuk mengelola keuangan perusahaan dan membuat jurnal akuntansi seperti laporan keuangan.

3. Accurate Accounting

Accurate Accounting adalah software manajemen keuangan yang dikembangkan oleh developer Indonesia untuk mengelola bisnis di Indonesia. Karena secara khusus ditujukan untuk digunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia, parameter yang dikandungnya disesuaikan dengan standar akuntansi dan perpajakan yang umum di Indonesia.

4. Bee Accounting

Bee Accounting memiliki berbagai fitur manajemen keuangan dan akuntansi yang masuk akal. Software ini juga dapat digunakan di desktop dan mobile. Sekali lagi, pengelolaan keuangan harus sesederhana mungkin. Selain untuk pengelolaan keuangan operasional, Bee Accounting juga dapat digunakan untuk administrasi perorangan.

5. Microsoft Excel dan Google Spreadsheet

Ini adalah perangkat lunak yang sangat akrab bagi pengguna desktop terutama yang menggunakan sistem operasi Windows. Pada dasarnya, Microsoft Excel adalah aplikasi entri data yang sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk pengelolaan data apa pun.

Salah satunya laporan keuangan excel yang bisa Anda temukan melalui Panduanoffice.web.id. Selain itu juga ada cara menghitung persentase keuntungan saham menggunakan excel, bahkan Anda juga bisa download contoh undangan mulai dari undangan tahlil, selapanan bayi dan masih banyak lagi contoh undangan lainnya.

Karena didukung oleh fungsi manajemen rumus, makro dan berbagai fungsi manajemen data lainnya, banyak perusahaan dan bisnis menggunakan Microsoft Excel sebagai pendukung catatan akuntansi keuangan atau bisnis.